Software yang digunakan:
- IDLE Pyhton 3.8.2 (IDLE)
SOURCE CODE :
from OpenGL.GL import *
from OpenGL.GLU import *
from OpenGL.GLUT import *
def init():
glClearColor(0.0, 0.0, 0.0, 0.0)
gluOrtho2D(-500.0, 500.0, -500.0, 500.0)
# untuk membuat matahari kita akan gunakan bentuk segitiga yang di rotaasi sebanyak 18 kali dengan jarak sudut tiap rotasi sebanyak 20 derajat.
def plotpoints():
glColor3f(1.,1.0,0.)
for i in range(0,19):
s = 20
glRotatef(s, 0.0, 0.0,1.0)
segitiga()
glFlush()
# fungsi untuk membuat bentuk segitiga
def segitiga():
glBegin(GL_TRIANGLES)
glVertex2f(-50.0,0.0)
glVertex2f(50.0,0.0)
glVertex2f(0.0,200.0)
glEnd()
NOTE: Jika ingin bentuk segitiga bergaris gunakan GL_LINE_LOOP
from OpenGL.GL import *
from OpenGL.GLU import *
from OpenGL.GLUT import *
def init():
glClearColor(0.0, 0.0, 0.0, 0.0)
gluOrtho2D(-500.0, 500.0, -500.0, 500.0)
# untuk membuat matahari kita akan gunakan bentuk segitiga yang di rotaasi sebanyak 18 kali dengan jarak sudut tiap rotasi sebanyak 20 derajat.
def plotpoints():
glColor3f(1.,1.0,0.)
for i in range(0,19):
s = 20
glRotatef(s, 0.0, 0.0,1.0)
segitiga()
glFlush()
# fungsi untuk membuat bentuk segitiga
def segitiga():
glBegin(GL_TRIANGLES)
glVertex2f(-50.0,0.0)
glVertex2f(50.0,0.0)
glVertex2f(0.0,200.0)
glEnd()
NOTE: Jika ingin bentuk segitiga bergaris gunakan GL_LINE_LOOP
Jika ingin bentuk segitiga yang ada isinya gunakan GL_TRISNGLES
def main():
glutInit(sys.argv)
glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE|GLUT_RGB)
glutInitWindowSize(500,500)
glutInitWindowPosition(100,100)
glutCreateWindow("Matahari")
glutDisplayFunc(plotpoints)
init()
glutMainLoop()
main()
glutInit(sys.argv)
glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE|GLUT_RGB)
glutInitWindowSize(500,500)
glutInitWindowPosition(100,100)
glutCreateWindow("Matahari")
glutDisplayFunc(plotpoints)
init()
glutMainLoop()
main()
Output:
- Bentuk matahari degan segitiga menggunakan GL_LINE_LOOP
- Bentuk matahari dengan segitiga menggunakan GL_TRIANGLES
Comments
Post a Comment