Skip to main content

Membuat Lingkaran Dengan Algoritma Bresenham



                      Lingkaran adalah kumpulan dari titik-titik yang memiliki jarak dari titik pusat yang sama untuk semua titik. Lingkaran dibuat dengan menggambarkan seperempat lingkaran, karena bagian lain dapat dibuat sebagai bagian yang simetris. Penambahan x dapat dilakukan dari 0 ke r sebesar unit step, yaitu menambahkan ± y untuk setiap step. Pada dasarnya, mirip dengan penggambaran garis, algoritma penggambaran lingkaran pun berusaha mencari solusi optimal sedemikian rupa sehingga lingkaran yang dibentuk adalah sesempurna mungkin.


Software yang diperlukan :
1. IDLE Pyhton 3.7  (IDLE)

Dibawah ini Import Library Pada Python 3.7  :
from OpenGL.GL import *
from OpenGL.GLU import *
from OpenGL.GLUT import *


Pilih Library Pyhton Yang Di bawah ini :
1. PyOpenGL_accelerate-3.1.5-cp38-cp38-win32.whl
2. PyOpenGL-3.1.5-cp38-cp38-win32.whl

(Jika Pyhton yang digunakan adalah pyhton 32 bit, maka Download library yang sesuai dengan bit python pada perangkat masing- masing. Begitu juga sebaliknya jika Pyhton 64 bit). 

Berikut adalah Full Source Code nya :

# Kelompok 2 Grafika Komputer MM-3


from OpenGL.GL import *
from OpenGL.GLU import *
from OpenGL.GLUT import *


def init():
    glClearColor(0.0, 0.0, 0.0, 0.0)
    gluOrtho2D(-50.0, 50.0, -50.0, 50.0)
    glPointSize(5)


def plot(x, y):
    glBegin(GL_POINTS)
    glVertex2f(x, y)
    glEnd()


def bresenham_drawing_circle(r):

    # contoh soal jika nilai center circle (3,3) dan r = 9
    x_center = 3
    y_center = 3

    r = 9
    x = 0
    y = r

    # parameter keputusan bresenham
    d = 3 - 2 * r

    # membuat titik pada koordinat yang ditentukan
    plot(x + x_center, y + y_center)

    while y > x:

        if d < 0:
            x += 1
            d += 4 * x + 6
        else:
            x += 1
            y -= 1
            d += (4 * (x - y)) + 10 

        # Jika x <= y sudah terpenuhi, maka perulangan di hentikan.
        # jika nilai (x,y)sudah didapatkan, lalu membalikan nilai (y, x)

        # Untuk pixel (x, y)

        # Quadrant 1
        plot(x + x_center, y + y_center)

        # Quadrant 2
        plot(x + x_center, -y + y_center)

        # Quadrant 3
        plot(-x + x_center, -y + y_center)

        # Quadrant 4
        plot(-x + x_center, y + y_center)

        # Untuk pixel (y, x)

        # Quadrant 1
        plot(y + x_center, x + y_center)

        # Quadrant 2
        plot(-y + x_center, x + y_center)

        # Quadrant 3
        plot(-y + x_center, -x + y_center)

        # Quadrant 4
        plot(y + x_center, -x + y_center)


def plotpoints():

    glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT)
    glColor3f(0.0, 0.5, 0.5)

    glBegin(GL_LINES)

    glVertex2f(-50, 0)
    glVertex2f(50, 0)

    glVertex2f(0, -50)
    glVertex2f(0, 50)

    glEnd()

    bresenham_drawing_circle(40)

    glFlush()

def main():
    glutInit(sys.argv)
    glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE | GLUT_RGB)
    glutInitWindowSize(500, 500)
    glutInitWindowPosition(100, 100)
    glutCreateWindow("Bresenham Cricle TUGAS 4 Kel 2 MM3")
    glutDisplayFunc(plotpoints)

    init()
    glutMainLoop()

main()

HASIL PROGRAM JIKA DIRUN :





Comments

Popular posts from this blog

Membentuk bentuk Piramida 3D menggunakan PyOpenGL

Pada postingan ini saya akan membuat bentuk piramida 3D menggunakan PyOpenGL Source Code: 1. Buat fungsi import modul from OpenGL.GL import* from OpenGL.GLU import:* from OpenGL.GLUT import* 2. Membuat variabel untuk mengatur sisi piramida_a dan sisi piramida_b. Kemudian mengatur latar belakang warna dan membuat ordo 2D piramida_a = 0 piramida_b = 0       def init():     glClearColor(0.,0.,0.,0.)     glEnable(GL_DEPTH_TEST)     gluOrtho2D(-20.0, 20.0, -20.0, 20.0) 3. Membuat fungsi myDisplay untuk membuat beberapa bagian piramid yaitu bagian bawah, bagian depan, bagian kiri, bagian kanan dan bagian belakang def myDisplay():     global piramida_a, piramida_b     glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT | GL_DEPTH_BUFFER_BIT)     glMatrixMode(GL_MODELVIEW)     glLoadIdentity()     glTranslatef(0, 0, -5.0);     glRotatef( piramida_a, 1.0, 0.0, 0.0 )   ...

Event Handling Keyboard & Mouse dengan PyOpenGl

Software yang diperlukan : 1. IDLE Python 3.7 (IDLE) Dibawah ini Import Library Pada Python 3.7 : from OpenGL.GL import* from OpenGL.GLU import* from OpenGl.GLUT import* Link Download Library Python: https://www.lfd.uci.edu/~gohlke/pythonlibs/#pyopengl Pilih Library Python Yang Di bawah ini : 1. PyOpenGL_ accelerate-3.1.5-cp38-cp38-win32.whl 2. PyOpenGL-3.1.5-cp38-cp38-win32.whl (Jika Python yang digunakan adalah python 32 bit, maka download library yang sesuai dengan bit pythob pada perangkat masing-masing. Begitu juga sebaliknya jika Python 64 bit).                        OpenGL menyediakan sebuah fungsi yang didefinisikan oleh user dan dipanggil pada saat ada event yang bersesuaian. OpenGL dapat memonitor peralatan input ketika ada sesuatu yang terjadi, misalkan saat key press dan mouse down.                  Fungsi Callback GLUT yaitu fungsi yang be...

Membuat bentuk Matahari dengan PyOpenGL

Software yang digunakan: IDLE Pyhton 3.8.2 (IDLE) SOURCE CODE : from OpenGL.GL import * from OpenGL.GLU import * from OpenGL.GLUT import * def init():     glClearColor(0.0, 0.0, 0.0, 0.0)     gluOrtho2D(-500.0, 500.0, -500.0, 500.0) # untuk membuat matahari kita akan gunakan bentuk segitiga yang di rotaasi sebanyak 18 kali dengan jarak sudut tiap rotasi sebanyak 20 derajat. def plotpoints():     glColor3f(1.,1.0,0.)     for i in range(0,19):         s = 20         glRotatef(s, 0.0, 0.0,1.0)         segitiga()            glFlush() # fungsi untuk membuat bentuk segitiga def segitiga():     glBegin(GL_TRIANGLES)     glVertex2f(-50.0,0.0)     glVertex2f(50.0,0.0)     glVertex2f(0.0,200.0)     glEnd() NOTE: Jika ingin bentuk segitiga bergaris gunakan GL_LINE_LOOP Jika ingin bentuk segitiga yang ada isi...