Skip to main content

Membuat Objek Spiral Berbentuk Love Menggunakan OpenGL







Software yang diperlukan :
1. IDLE Pyhton 3.7  (IDLE)

Dibawah ini Import Library Pada Python 3.7  :
from OpenGL.GL import *
from OpenGL.GLU import *
from OpenGL.GLUT import *


Pilih Library Pyhton Yang Di bawah ini :
1. PyOpenGL_accelerate-3.1.5-cp38-cp38-win32.whl
2. PyOpenGL-3.1.5-cp38-cp38-win32.whl

(Jika Pyhton yang digunakan adalah pyhton 32 bit, maka Download library yang sesuai dengan bit python pada perangkat masing- masing. Begitu juga sebaliknya jika Pyhton 64 bit). 

Berikut adalah Full Source Code nya :

from OpenGL.GL import *
from OpenGL.GLU import *
from OpenGL.GLUT import *

import numpy as np


def init():
    glClearColor(0.0, 0.0, 0.0, 0.0)
    gluOrtho2D(-2.0, 2.0, -2.0, 2.0)


def plotpoints():
    glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT)
    glColor3f(1, 1.0, 1.0)
    glPointSize(13)
    glBegin(GL_LINES)
    glVertex2f(-500, 0)
    glVertex2f(500, 0)

    glVertex2f(0, -500)
    glVertex2f(0, 500)
    glEnd()
    heart_shape()
    glFlush()

def heart_shape():
    glBegin(GL_LINE_STRIP)
    glColor3f(0.0, 0.5, 0.5)
    x = -1.140

    while(x <= 1.140):
        delta = np.cbrt(x*x) * np.sqrt(x*x) - 4*x*x + 4
        y1 = (np.cbrt(x*x) + np.sqrt(delta)) / 2
        y2 = (np.cbrt(x*x) - np.sqrt(delta)) / 2
         
        glVertex2f(x, y1)
        glVertex2f(x, y2)

        x += 0.001
    glEnd()


def main():
    glutInit(sys.argv)
    glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE | GLUT_RGB)
    glutInitWindowSize(500, 500)
    glutInitWindowPosition(100, 100)
    glutCreateWindow("Gambar Hati  Pertemuan 5")
    glutDisplayFunc(plotpoints)

    init()
    glutMainLoop()



main()

HASIL PROGRAM JIKA DIRUN:




Selamat mengerjakan 😊

Comments

Popular posts from this blog

Membentuk bentuk Piramida 3D menggunakan PyOpenGL

Pada postingan ini saya akan membuat bentuk piramida 3D menggunakan PyOpenGL Source Code: 1. Buat fungsi import modul from OpenGL.GL import* from OpenGL.GLU import:* from OpenGL.GLUT import* 2. Membuat variabel untuk mengatur sisi piramida_a dan sisi piramida_b. Kemudian mengatur latar belakang warna dan membuat ordo 2D piramida_a = 0 piramida_b = 0       def init():     glClearColor(0.,0.,0.,0.)     glEnable(GL_DEPTH_TEST)     gluOrtho2D(-20.0, 20.0, -20.0, 20.0) 3. Membuat fungsi myDisplay untuk membuat beberapa bagian piramid yaitu bagian bawah, bagian depan, bagian kiri, bagian kanan dan bagian belakang def myDisplay():     global piramida_a, piramida_b     glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT | GL_DEPTH_BUFFER_BIT)     glMatrixMode(GL_MODELVIEW)     glLoadIdentity()     glTranslatef(0, 0, -5.0);     glRotatef( piramida_a, 1.0, 0.0, 0.0 )   ...

Membuat bentuk Matahari dengan PyOpenGL

Software yang digunakan: IDLE Pyhton 3.8.2 (IDLE) SOURCE CODE : from OpenGL.GL import * from OpenGL.GLU import * from OpenGL.GLUT import * def init():     glClearColor(0.0, 0.0, 0.0, 0.0)     gluOrtho2D(-500.0, 500.0, -500.0, 500.0) # untuk membuat matahari kita akan gunakan bentuk segitiga yang di rotaasi sebanyak 18 kali dengan jarak sudut tiap rotasi sebanyak 20 derajat. def plotpoints():     glColor3f(1.,1.0,0.)     for i in range(0,19):         s = 20         glRotatef(s, 0.0, 0.0,1.0)         segitiga()            glFlush() # fungsi untuk membuat bentuk segitiga def segitiga():     glBegin(GL_TRIANGLES)     glVertex2f(-50.0,0.0)     glVertex2f(50.0,0.0)     glVertex2f(0.0,200.0)     glEnd() NOTE: Jika ingin bentuk segitiga bergaris gunakan GL_LINE_LOOP Jika ingin bentuk segitiga yang ada isi...

Membuat Lingkaran Dengan Algoritma Bresenham

                      Lingkaran adalah kumpulan dari titik-titik yang memiliki jarak dari titik  pusat yang sama untuk semua titik.   Lingkaran dibuat dengan  menggambarkan seperempat lingkaran, karena bagian lain dapat dibuat  sebagai bagian yang simetris. Penambahan x dapat dilakukan dari 0 ke r  sebesar unit step, yaitu menambahkan ± y untuk setiap step.  Pada dasarnya, mirip dengan penggambaran garis, algoritma  penggambaran lingkaran pun berusaha mencari solusi optimal sedemikian  rupa sehingga lingkaran yang dibentuk adalah sesempurna mungkin. Software yang diperlukan : 1. IDLE Pyhton 3.7  (IDLE) Dibawah ini Import Library Pada Python 3.7  : from OpenGL.GL import * from OpenGL.GLU import * from OpenGL.GLUT import * Link Download Library Python : https://www.lfd.uci.edu/~gohlke/pythonlibs/#pyopengl Pilih Library Pyhton Yang Di bawah ini : 1. PyOpe...