Skip to main content

Event Handling Keyboard & Mouse dengan PyOpenGl





Software yang diperlukan :
1. IDLE Python 3.7 (IDLE)

Dibawah ini Import Library Pada Python 3.7 :
from OpenGL.GL import*
from OpenGL.GLU import*
from OpenGl.GLUT import*

Link Download Library Python:
https://www.lfd.uci.edu/~gohlke/pythonlibs/#pyopengl

Pilih Library Python Yang Di bawah ini :
1. PyOpenGL_ accelerate-3.1.5-cp38-cp38-win32.whl
2. PyOpenGL-3.1.5-cp38-cp38-win32.whl
(Jika Python yang digunakan adalah python 32 bit, maka download library yang sesuai dengan bit pythob pada perangkat masing-masing. Begitu juga sebaliknya jika Python 64 bit).


                       OpenGL menyediakan sebuah fungsi yang didefinisikan oleh user dan dipanggil pada saat ada event yang bersesuaian. OpenGL dapat memonitor peralatan input ketika ada sesuatu yang terjadi, misalkan saat key press dan mouse down.
                 Fungsi Callback GLUT yaitu fungsi yang berjalan saat ada kejadian (event-driven). Program-program yang menggunakan window untuk input atau output, menunggu sampai ada kejadian dan kemudian mengeksekusi beberapa fungsi yang didefinisikan sebelumnya berdasarkan input dari user. Kejadian yang dimaksud: key press, mouse button press dan release, window resize, dan lain-lain. Program OpenGL yang dibuat akan berjalan tak terbatas (infinite loop).

Event Keyboard
    glutKeyboardFunc(nama_fungsi) 
    def nama_fungsi(key, x, y)
Fungsi ini mencatat apa yang terjadi ketika sebuah tombol keyboard ditekan. Parameter key mengembalikan nilai karakter ascii dari tombol keyboard yang ditekan. Koordinat x,y adalah posisi pointer mouse saat keyboard ditekan, yang diukur dari pojok kiri atas window. x dan y menyatakan lokasi (di window : koordinat layar) dari pointer ketika kejadian key ditekan.

   glutSpecialFunc(nama_fungsi)

   def nama_fungsi(key, x,y)
Fungsi ini mencatat apa yang terjadi ketika sebuah tombol keyboard khusus ditekan. Parameter key mengembalikan nilai karakter ascii dari tombol keyboard yang ditekan. Koordinat x,y adalah posisi pointer mouse saat keyboard ditekan, yang diukur dari pojok kiri atas window. x dan y menyatakan lokasi (di window : koordinat layar) dari pointer ketika kejadian key ditekan.


Event Mouse
   glutMouseFunc(nama_fungsi)
   def nama_fungsi(button, state, x, y)
Fungsi ini mencatat apa yang terjadi ketika sebuah tombol mouse di tekan. Parameter button mengembalikan nilai tombol mouse yang di tekan, nilai tersebut adalah (GLUT_LEFT_BUTTON, GLUT_RIGHT_BUTTON, GLUT_MIDDLE_BUTTON). State mengembalikan nilai selesainya tombol mouse ditekan, nilai tersebut adalah (GLUT_UP, GLUT_DOWN).  Variabel x,y adalah posisi pointer mouse saat tombol mouse ditekan, yang diukur dari pojok kiri atas window.


   glutMotionFunc(nama_fungsi)
   def nama_fungsi(x,y)
Fungsi ini mencatat apa yang terjadi ketika sebuah tombol mouse di tekan secara bertahan dan melakukan pergerakan (Drag). Variabel x,y adalah posisi pointer mouse saat tombol mouse ditekan, yang diukur dari pojok kiri atas window.

   glutPassiveMotionFunc(nama_fungsi)
   def nama_fungsi(x,y)
Fungsi ini mencatat apa yang terjadi ketika sebuah cursor mouse digerakan di dalam area window. Variabel x,y adalah posisi pointer mouse saat tombol mouse ditekan, yang diukur dari pojok kiri atas window.

    glutEntryFunc(nama_fungsi)
    def nama_fungsi(State)
Fungsi ini mencatat apa yang terjadi ketika sebuah cursor mouse meninggalkan atau memasuki area window. Variabel State adalah kondisi ketika sudah meninggalkan atau memasuki area window, variabel tersebut memiliki nilai (GLUT_ENTERED, GLUT_LEFT).

SOURCE CODE:
from OpenGL.GL import *
from OpenGL.GLU import *
from OpenGL.GLUT import *

# Koordinat x dan y untuk posisi kotak
pos_x = 0
pos_y = 0

# Warna Kotak
hijau = 0
biru = 0
merah = 0



def init():
    glClearColor(0.0, 0.0, 0.0, 1.0)
    gluOrtho2D(-500.0, 500.0, -500.0, 500.0)

# Membuat bentuk kotak
def kotak():
    global pos_x, pos_y
    glColor3f(hijau,biru,merah)
    
    glBegin(GL_POLYGON)
    # Kiri Atas
    glVertex2f(-50 + pos_x,-50 + pos_y)
    # Kanan Atas
    glVertex2f(50 + pos_x,-50 + pos_y)
    # Kanan Bawah
    glVertex2f(50 + pos_x,50 + pos_y)
    # Kiri Bawah
    glVertex2f(-50 + pos_x,50 + pos_y)
    glEnd()


def display():
    glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT)
    glColor3f(1.0,1.0,1.) 
    glBegin(GL_LINES)
    glVertex2f(-500.0, 0.0)
    glVertex2f(500.0, 0.0)
    glVertex2f(0.0, 500.0)
    glVertex2f(0.0, -500.0)
    glEnd()

    glPushMatrix()
    kotak()
    glPopMatrix()


    glFlush()

def input_mouse(button, state, x, y):
    global hijau, biru, merah
    # Saat mengklik kanan warna kotak akan berubah menjadi warna biru dan merah
    if button == GLUT_RIGHT_BUTTON and state == GLUT_DOWN:
        if biru< 1:
            hijau = 0
            biru = 1
            merah = 0
        elif merah < 1:
            hijau = 0
            biru = 0
            merah = 1
        print("Klik Kanan ditekan ", "(", x, ",", y, ")")
     # Saat mengklik kiri warna kotak akan berubah menjadi warna hijau dan hitam
    elif button == GLUT_LEFT_BUTTON and state == GLUT_DOWN:
        if hijau < 1:
            hijau = 1
            biru = 0
            merah = 0
        else:
            hijau = 0
            biru = 0
            merah = 0
        print("Klik Kiri ditekan ", "(", x, ",", y, ")")

def input_keyboard(key,x,y):
    global pos_x, pos_y

    # Untuk mengubah posisi kotak

    if key == GLUT_KEY_UP:
        pos_y += 5
        print("Tombol Atas ditekan ", "x : ", pos_x, " y : ", pos_y)
    elif key == GLUT_KEY_DOWN:
        pos_y -= 5
        print("Tombol Bawah ditekan ", "x : ", pos_x, " y : ", pos_y)
    elif key == GLUT_KEY_RIGHT:
        pos_x += 5
        print("Tombol Kanan ditekan ", "x : ", pos_x, " y : ", pos_y)
    elif key == GLUT_KEY_LEFT:
        pos_x -= 5
        print("Tombol Kiri ditekan ", "x : ", pos_x, " y : ", pos_y)

    # Untuk Mengubah Warna backgorund window
    
    # Background Kiri Atas berubah warna menjadi Hijau
    if pos_x < 0 and pos_y > 0:
        glClearColor(0.0, 1.0, 0.0, 1.0)
    # Background Kanan Atas berubah warna menjadi Biru
    if pos_x > 0 and pos_y > 0:
        glClearColor(0.0,0.0,1.0,1.0)
    # Background Kanan Bawah berubah warna menjadi Merah
    if pos_x > 0 and pos_y < 0:
         glClearColor(1.0, 0.0, 0.0, 1.0)
     # Background Kiri Bawah berubah warna menjadi Hitam
    if pos_x < 0 and pos_y < 0:
        glClearColor(0.0,0.0,0.0,1.0)

    

def update(value):
    glutPostRedisplay()
    glutTimerFunc(10,update,0)

def main():
    glutInit(sys.argv)
    glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE|GLUT_RGB)
    glutInitWindowSize(500,500)
    glutInitWindowPosition(100,100)
    glutCreateWindow("Eveng Handling Keyboard & Mouse")
    glutDisplayFunc(display)

    glutSpecialFunc(input_keyboard)
    glutMouseFunc(input_mouse)

    glutTimerFunc(50, update, 0)

    

    init()
    glutMainLoop()
    
main()

HASIL PROGRAM JIKA DIRUN :

















Comments

Popular posts from this blog

Membentuk bentuk Piramida 3D menggunakan PyOpenGL

Pada postingan ini saya akan membuat bentuk piramida 3D menggunakan PyOpenGL Source Code: 1. Buat fungsi import modul from OpenGL.GL import* from OpenGL.GLU import:* from OpenGL.GLUT import* 2. Membuat variabel untuk mengatur sisi piramida_a dan sisi piramida_b. Kemudian mengatur latar belakang warna dan membuat ordo 2D piramida_a = 0 piramida_b = 0       def init():     glClearColor(0.,0.,0.,0.)     glEnable(GL_DEPTH_TEST)     gluOrtho2D(-20.0, 20.0, -20.0, 20.0) 3. Membuat fungsi myDisplay untuk membuat beberapa bagian piramid yaitu bagian bawah, bagian depan, bagian kiri, bagian kanan dan bagian belakang def myDisplay():     global piramida_a, piramida_b     glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT | GL_DEPTH_BUFFER_BIT)     glMatrixMode(GL_MODELVIEW)     glLoadIdentity()     glTranslatef(0, 0, -5.0);     glRotatef( piramida_a, 1.0, 0.0, 0.0 )   ...

Membuat bentuk Matahari dengan PyOpenGL

Software yang digunakan: IDLE Pyhton 3.8.2 (IDLE) SOURCE CODE : from OpenGL.GL import * from OpenGL.GLU import * from OpenGL.GLUT import * def init():     glClearColor(0.0, 0.0, 0.0, 0.0)     gluOrtho2D(-500.0, 500.0, -500.0, 500.0) # untuk membuat matahari kita akan gunakan bentuk segitiga yang di rotaasi sebanyak 18 kali dengan jarak sudut tiap rotasi sebanyak 20 derajat. def plotpoints():     glColor3f(1.,1.0,0.)     for i in range(0,19):         s = 20         glRotatef(s, 0.0, 0.0,1.0)         segitiga()            glFlush() # fungsi untuk membuat bentuk segitiga def segitiga():     glBegin(GL_TRIANGLES)     glVertex2f(-50.0,0.0)     glVertex2f(50.0,0.0)     glVertex2f(0.0,200.0)     glEnd() NOTE: Jika ingin bentuk segitiga bergaris gunakan GL_LINE_LOOP Jika ingin bentuk segitiga yang ada isi...

Membuat Lingkaran Dengan Algoritma Bresenham

                      Lingkaran adalah kumpulan dari titik-titik yang memiliki jarak dari titik  pusat yang sama untuk semua titik.   Lingkaran dibuat dengan  menggambarkan seperempat lingkaran, karena bagian lain dapat dibuat  sebagai bagian yang simetris. Penambahan x dapat dilakukan dari 0 ke r  sebesar unit step, yaitu menambahkan ± y untuk setiap step.  Pada dasarnya, mirip dengan penggambaran garis, algoritma  penggambaran lingkaran pun berusaha mencari solusi optimal sedemikian  rupa sehingga lingkaran yang dibentuk adalah sesempurna mungkin. Software yang diperlukan : 1. IDLE Pyhton 3.7  (IDLE) Dibawah ini Import Library Pada Python 3.7  : from OpenGL.GL import * from OpenGL.GLU import * from OpenGL.GLUT import * Link Download Library Python : https://www.lfd.uci.edu/~gohlke/pythonlibs/#pyopengl Pilih Library Pyhton Yang Di bawah ini : 1. PyOpe...